Koperasi Hidayah Adil Makmur
SHARE :

Menteri Teten Dorong Anggota Koperasi Untuk Selalu Aktif

1
11/2020
Kategori : Berita Terkini
Komentar : 0 komentar
Author : Karim Al-Jabber


Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki meminta seluruh anggota koperasi untuk berpartisipasi dalam penyertaan modal dan membuat keputusan. Selain itu, anggota koperasi juga diminta untuk memanfaatkan fasilitas, layanan, barang, maupun jasa yang disediakan koperasi. “Bahkan, anggota juga sebagai pengawas, di mana anggota wajib berpartisipasi dalam pengawasan koperasi,” ujarnya mengutip siaran resminya, Senin (12/10/2020)

Menurut dia ada beberapa perbedaan yang membuat koperasi dan badan usaha berbeda. Salah satunya terletak pada konsep kepemilikan. “Ragam keputusan berada di tangan anggota koperasi yang diambil secara demokratis demi mencapai pembagian keuntungan yang adil sesuai dengan partisipasi dan kontribusinya,” ungkapnya. Bagi Teten,

koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi pertama di Indonesia yang dibentuk para pendiri bangsa dengan tujuan sebagai salah satu pilar ekonomi Indonesia.

“Bentuk partisipasi lainnya adalah dalam pengawasan koperasi. Yaitu, dalam menyampaikan kritik, tata cara penyampaian kritik, ikut serta melakukan pengawasan jalannya organisasi dan usaha koperasi,” imbuhnya.

Untuk itu, Teten berharap agar partisipasi anggota koperasi terus ditingkatkan. Hal itu dapat dilakukan melalui penanaman kesadaran diri terhadap anggota, pengurus, pengelola, dan pengawas, terhadap upaya capaian tujuan usaha koperasi secara bersama.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar